Penulis: Rifqi Tegar Argianto, Editor: Aisyah Puan Maharani

Zakat di bulan Ramadhan dapat membantu masyarakat dengan berbagai cara. Zakat adalah sebagian dari harta yang diberikan oleh Allah SWT kepada umat Islam, yang harus dikeluarkan kepada orang yang membutuhkan. Dalam kondisi ideal, zakat dapat membantu menurunkan kemiskinan dan mengangkat daya beli masyarakat di tengah proses pemulihan ekonomi nasional.

Zakat juga dapat membantu masyarakat yang kurang mampu dengan bantuan yang diberikan melalui zakat. Dengan adanya zakat, terbentuklah sistem pemberdayaan yang dapat membantu memperbaiki taraf kehidupan masyarakat selain itu, Menunaikan zakat fitrah dan zakat maal adalah salah satu cara untuk menjaga kesucian dan keberkahan Ramadhan, serta membantu mereka yang membutuhkan.

Zakat fitrah merupakan zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim yang telah menunaikan puasa Ramadhan sebagai bentuk penyucian dan penyempurnaan ibadah puasa. Zakat fitrah diberikan sebagai tanda syukur kepada Allah SWT dan sebagai wujud kepedulian sosial terhadap sesama.

Sistem zakat di bulan Ramadhan juga dapat menjadi alat untuk mendorong daya beli pada kelompok tersebut, yang akan mendorong perekonomian secara keseluruhan. Dalam hal ini, keluarga besar dan lembaga-lembaga agar potensi zakat lebih dimaksimalkan saat menyambut bulan suci Ramadhan. Ini adalah momentumnya yang sangat luar biasa dan ideal sekali untuk menggalakkan perzakatan di Indonesia pada bulan suci Ramadhan

Zakat dapat menjadi syafaat di alam kubur dan kelak akhirat serta kebaikan yang diberikan melalui zakat dapat membantu memperbaiki taraf kehidupan masyarakat yang kurang mampu. Dalam kesempatan ini, kami bertanggung jawab untuk menjadi agen penggalakkan dan pengembangan perzakatan di Indonesia, khususnya pada bulan Ramadhan. Kita harus menggalakkan dan mendorong pengelolaan zakat yang lebih baik dan lebih efektif, sehingga dapat membantu masyarakat di tengah proses pemulihan ekonomi nasional.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *