Penulis: Sri Malika Sari, Editor: Aisyah Puan Maharani

Wakaf merupakan salah satu instrumen keuangan Islam yang memiliki peran penting dalam pembangunan sosial dan ekonomi umat. Dengan prinsip keberlanjutan dan manfaat yang terus mengalir, wakaf menjadi sumber daya yang tak ternilai bagi kesejahteraan generasi saat ini dan mendatang.

Secara etimologi, wakaf berasal dari kata Arab ‘waqafa’ yang berarti menahan atau menghentikan. Dalam konteks syariah, wakaf adalah tindakan menahan suatu benda atau harta agar manfaatnya dapat digunakan untuk kepentingan umum tanpa mengurangi substansi aslinya.

Dasar hukum wakaf tercantum dalam Al-Qur’an dan Hadis. Salah satu ayat yang menjadi dasar hukum wakaf adalah Surah Ali Imran ayat 92 yang menyatakan bahwa tidak akan mencapai kebajikan yang sempurna kecuali dengan menginfakkan sebagian dari harta yang dicintai. Hadis Nabi Muhammad SAW juga banyak yang mendorong umat Islam untuk berwakaf, salah satunya adalah hadis yang diriwayatkan oleh Muslim yang menyebutkan bahwa ketika seseorang meninggal, amalannya terputus kecuali tiga hal, salah satunya adalah sedekah jariyah yang terus mengalir manfaatnya.

Manfaat wakaf sangat luas, mulai dari pembangunan infrastruktur seperti masjid, sekolah, rumah sakit, hingga pemberdayaan ekonomi masyarakat. Wakaf juga berperan dalam memelihara nilai-nilai keagamaan dan kebudayaan, serta menguatkan solidaritas sosial di tengah masyarakat. Di era digital saat ini, wakaf mengalami transformasi dengan memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengelolaannya. Wakaf 5.0, misalnya, adalah konsep yang mengintegrasikan wakaf dengan sistem keuangan digital untuk menciptakan keuangan publik Islam yang berkelanjutan.

Wakaf adalah amalan yang terus memberi manfaat, bahkan setelah pemberi wakaf telah tiada. Sebagai warisan abadi, wakaf membuka pintu kebaikan yang tak terhingga, menghubungkan antara dunia dan akhirat, serta menjadi bukti nyata dari kepedulian dan tanggung jawab sosial umat Islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *