Penulis: Zahwa Nabilla Amatuloh, Editor: Aisyah Puan Maharani


Bulan Ramadhan tidak hanya menjadi waktu ibadah bagi umat Islam, tetapi juga diidentikkan dengan tradisi takjil, camilan ringan yang dikonsumsi saat berbuka puasa. Namun, setiap tahun, kita menyaksikan lonjakan harga bahan baku takjil di pasar yang dapat memberatkan pedagang dan konsumen. Tentunya pada bulan ramadhan sangat dikenal dengan berbuka puasa,saat kegiatan berbuka puasa yang mengakibatkan permintaan bahan baku takjil yang tinggi. Kenaikan permintaan ini dapat menyebabkan kenaikan harga bahan baku takjil, seperti tempe, tahu, dan kedelai. Kenaikan harga bahan baku global, seperti kedelai yang digunakan dalam produksi tempe dan tahu, dapat juga mempengaruhi harga takjil.


Kenaikan harga bahan baku takjil dapat disebabkan oleh berbagai faktor risiko, termasuk peningkatan permintaan yang mendadak, keterbatasan pasokan dari produsen, dan praktik spekulatif di pasar. Sebagian penyebab kenaikan harga bahan baku takjil adalah kelangkaan pasokan dan produksi yang sedang turun. Kenaikan permintaan takjil yang tinggi pada bulan Ramadhan juga dapat mengakibatkan kenaikan harga bahan baku takjil yang tidak terukur.


Salah satu langkah yang dapat diambil adalah diversifikasi sumber pasokan bahan baku takjil, dengan memperluas jaringan pemasok dan mencari alternatif pasokan yang stabil. Pemantauan pasar secara aktif juga penting untuk mendeteksi perubahan tren harga dengan cepat dan mengambil tindakan yang sesuai.Selain itu, pengembangan kemitraan yang kuat dengan pemasok dan produsen dapat membantu dalam negosiasi harga yang lebih stabil dan mengurangi risiko fluktuasi harga yang tiba-tiba.


Kenaikan harga bahan baku takjil yang terjadi pada bulan Ramadhan tidak hanya mengakibatkan kenaikan harga produk takjil, tetapi juga dapat meningkatkan omzet pedagang bahan baku takjil.Dengan mengadopsi pendekatan proaktif dalam manajemen risiko, para pedagang takjil dapat membantu menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bahan baku yang memadai bagi semua orang selama bulan Ramadhan.Di sisi lain, kenaikan harga bahan baku takjil tidak selalu berpengaruh pada harga takjil dan menu berbuka lainnya yang dijual pada bulan Ramadhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *