Purwokerto- Rumah Moderasi Beragama dan Pancasila (RMB) UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri, Purwokerto gelar workshop penguatan wawasan kebangsaan dan moderasi beragama. Narasumber workshop yaitu Dr. Ali Masykur Musa, M.Hum (Ketua Umum ISNU) bertempat di Hall Perpus UIN SAIZU dengan jumlah peserta workshop 100 mahasiswa. (17/03/2023)

Prof.Dr. Moh Roqib, M.Ag, Rektor UIN Saizu menyampaikan pentingnya workshop ini bagi kalangan mahasiswa dan tantangan saat ini.

“Moderasi beragama sangat penting bagi seluruh civitas academika UIN Saizu. Setidaknya tantangan dalam menerapkan moderasi beragama, pertama, menguatnya Radikalisme Agama: tekstual, simbolik, klaim kebenaran tunggal, penolakan atas perbedaan, identitas. Kedua, Indonesia adalah negara dengan beragam agama dan kepercayaan, juga madzhab dan aliran. Ketiga, Posisi kelompok lemah dalam sebuah relasi menjadi semakin riskan, baik relasi antara minoritas dan mayoritas, maupun relasi laki-laki dan perempuan (Tidak moderat).” Jelas Roqib.

Sementara itu, Dr. Ali Masykur Musa, M.Hum (Ketua Umum ISNU) Narasumber workshop kali ini menyampaikan sikap tasawuh sebagai etika dalam moderasi beragama.

“Sikap tasamuh adalah Sikap tengah yang berintikan kepada prinsip hidup yang menjunjung tinggi keharusan berlaku adil dan lurus di tengah-tengah kehidupan bersama. Nahdlatul Ulama (NU) dengan sikap dasar ini akan selalu menjadi kelompok panutan yang bersikap dan bertindak lurus dan selalu bersifat membangun serta menghindari segala bentuk pendekatan yang bersifat Tatharruf (ekstrim).” Jelas Ali (Ageng Widodo)

By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *