Penulis: Hanna Liza Sabrina, Editor: Aisyah Puan Maharani


Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia. Yang dimana hal tersebut berpotensi besar dalam mewujudkan industri halal, sebagaimana pada masa kepemimpinan Joko Widodo yang berkomitmen untuk merealisasikan Indonesia sebagai Pusat Halal Dunia pada tahun 2024.

Penjaminan sertifikasi halal pada sebuah produk makanan atau minuman menjadi sangat penting dalam meningkatkan minat beli serta kualitas suatu produk karna; yang pertama karna mayoritas penduduk Indonesia muslim mereka pasti akan lebih berhati-hati terhadap produk yang mereka konsumsi, sehingga labelisasi halal bisa menjadi salah satu keunggulan jaminan suatu produk baik untuk digunakan. Selanjutnya sertifikasi halal juga dapat menjamin suatu produk itu layak untuk dikonsumsi karna yang pastinya sudah melewati berbagai tahapan sebelum mendapatkan sertifikasi tersebut.

Sejalan dengan itu Pasal 4 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 mengatur tentang Hak-hak Konsumen. Pasal 4 huruf a menyatakan hak konsumen atas kenyamanan, Keamanan dan keselamatan dalam mengkonsumsi barang dan/ atau jasa. Berkaitan dengan Pasal 4 huruf a tersebut konsumen muslim berhak atas produk yang memberi rasan aman, nyaman dan tentram. Oleh sebab itu pelaku usaha dalam memperdagangkan suatu produk agar memberi rasa aman, nyaman dan tenteram, maka pelaku usaha berkewajiban mengajukan permohonan sertifikat Halal melalui LPOM MUI untuk mendapat sertifikat halal dan kemudian mencantumkan logo halalnya pada produk.

Untuk mewujudkan hal tersebut berbagai cara tengah dilakukan oleh pemerintah seperti; penyuluhan tentang pentingnya sertifikasi halal, pendampingan kepada para UKM untuk membuat sertifikasi halal dan lainnya. Untuk itu agar semua nya dapat ter realisasi kan dengan baik dibutuhkan kerja sama serta kesadaran dari berbagai pihak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *