Penulis: Najwa Aulia Sholihah, Editor: Aisyah Puan Maharani


Apa itu bulan Ramadhan? Bulan Ramadhan merupakan bulan yang memberikan keistimewaan bagi umat muslim di seluruh dunia. Pada bulan tersebut, seluruh umat muslim menjalankan puasa selama satu bulan penuh dan puasa merupakan salah satu dari lima rukun Islam. Umumnya memang pada bulan Ramadhan umat muslim harus memfokuskan diri untuk melakukan lebih banyak ibadah, menahan rasa lapar dan haus, bahkan yang seharusnya kebutuhan konsumsi berkurang tetapi pada kenyatannya justru pada bulan Ramadhan kebutuhan dan konsumsi meningkat.


Terdapat beberapa kewirausahaan yang mampu meningkatkan sektor ekonomi pada bulan Ramadhan, seperti Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Menurut beberapa informasi bahwa Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memiliki peranan penting dalam mengembangkan perekonomian untuk pembangunan di Indonesia. Dalam ekonomi Islam UMKM merupakan salah satu kegiatan dari usaha manusia untuk hidup serta beribadah menuju kesejahteraan sosial. Pada bulan Ramadhan sering sekali menjadi momen berharga bagi sebagian masyarakat untuk mencari rezeki. Termasuk untuk para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Meningkatnya kebutuhan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan Ramadhan, menjadi peluang bagi para pelaku usaha kecil menengah.


Kesempatan para pelaku UMKM untuk meningkatkan ekonomi atau pendapatan pada bulan Ramadhan terbilang cukup besar. Bulan Ramadhan tidak hanya berhubungan dengan ibadah rohani saja, tetapi dalam aspek ekonomi pada saat menjelang Ramadhan. Seperti yang kita ketahui, terdapat banyak pedagang yang berjualan di bulan suci Ramadhan yang memperoleh peningkatan pendapatan. Pelaku usaha mikro harus bisa mencari inovasi maupun peluang usaha untuk penjualannya, seperti ketika bulan Ramadhan dagangan seperti apa yang banyak dicari. Pada bulan Ramadhan bukan hanya umat muslim saja yang dapat membantu dagangan para UMKM, bahkan banyak para non-muslim juga yang membantu para UMKM.


Dampak positif yang terjadi pada bulan Ramadhan bagi pelaku UMKM juga terbilang sangat bagus, yaitu dengan banyaknya pembeli yang membeli kebutuhan Ramadhan dapat meningkatkan pendapatan pelaku UMKM. Dengan demikian, manfaat saat bulan Ramadhan bagi para pelaku UMKM sangat besar serta saling menguntukan bagi pembeli dan para pelaku UMKM. Semakin banyaknya UMKM yang dapat meningkatkan perekonomian maka jalan menuju kesejahteraan semakin mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *