Penulis: Sri Rahayu Siwi, Editor: Aisyah Puan Maharani


Dalam pengertian yang sempit, teknologi mengacu pada obyek benda yang digunakan untuk kemudahan aktivitas manusia, seperti mesin, perkakas, atau perangkat keras.Dalam pengertian yang lebih luas, teknologi dapat meliputi: pengertian sistem, organisasi, juga teknik. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan dan kemajuan zaman, pengertian teknologi menjadi semakin meluas, sehingga saat ini teknologi merupakan sebuah konsep yang berkaitan dengan jenis penggunaan dan pengetahuan tentang alat dan keahlian, dan bagaimana ia dapat memberi pengaruh pada kemampuan manusia untuk mengendalikan dan mengubah sesuatu yang ada di sekitarnya.


Jadi teknologi adalah semacam perpanjangan tangan manusia untuk dapat memanfaatkan alam dan sesuatu yang ada di sekelilingnya secara lebih maksimal. Dapat disimpulkan bahwa teknologi merupakan pengetahuan manusia tentang bagaimana menggabungkan sumber daya untuk memproduksi produk yang diinginkan, untuk memecahkan masalah, memenuhi kebutuhan, atau memenuhi keinginan, termasuk metode teknis, keterampilan, proses, teknik, alat dan bahan baku.


Pembangunan ekonomi merupakan suatu perubahan yang terjadi secara terus-menerus melalui serangkaian kombinasi proses demi mencapai sesuatu yang lebih baik yaitu adanya peningkatan pendapatan perkapita yang terus menerus berlangsung dalam jangka Panjang Kemajuan teknologi merupakan salah satu faktor dalam pertumbuhan ekonomi.


Secara matematis hubungan antara kemajuan teknologi dengan pertumbuhan ekonomi  telah dikemukan oleh para ekonom seperti Abramovitz, Kendrick dan Solow. Dengan  model yang dikembangkan tersebut dapat ditentukan besarnya sumbangan kemajuan  teknologi terhadap pertumbuhan ekonomi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *