Penulis: Akmal Aziz Alfarisi, Editor: Aisyah Puan Maharani

Manajen resiko adalah proses mendalami, menenilai, dan mengendalikan risiko yang mungkin terjadi didalam suatu organisasi atau kegiatan.tujuannya adalah untuk mengedintifikasai potensi ancaman atau peluang, mengevaluasi dampaknya,dan mengambil langkan Langkah yang tepat untuk mengurangi resiko yang bisa berdampak merugikan bagi organisasi dan perusahaan. Manajemen resiko diterapkan di berbagai bidang seperti bisnis , keuangan, teknologi, Kesehatan, dan proyek – proyek beser.

Langakah Langkah terpenting dalam manajemen resiko:

  1. Identifikasi resiko : Langkah pertama manajemen resiko adalah mengidentifikasi semua potensi, yang mengakibatkan kerugian dalam sebuah perusahan agar tidak mengalami kerugian yang cukup besar.
  2. Penilaian resiko : setelah kita mengedifikasi resiko kita harus mengevaluasi kemungkinan terjadinya risiko dan dampaknya yang akan terjadi.
  3. Analisis resiko : menggumpulkan data untuk mengetahui resiko yang berdampak merugikan bagi perusahan atau lain sebagainya.
  4. Mengembangkan strategi mitigasi : setelah resiko dinilai kita harus menebuah strategi yang bisa mencegah dan menerima, resiko yang cukup besar yang merugian bagi Perusahaan.
  5. Implementasi Tindakan pengendalian: dalam Langkah ini kita harus melaksanakan strategi yang telah kita buat
  6. Pemantauan dan mengendaliakan : kita harus memantau pakan strategi yang telah kita buat apakah berjalan sesuai denga napa yang telah kita buat
  7. Komitmen organisasi : pentein dalam berorganisasi kita harus berkomitmen terhadap organisasi yang kita jalani untuk bisa menjalankan program program yang telah disepakati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *