Penulis: Yolanda Aulia Tasya, Editor: Aisyah Puan Maharani
Bank Syari`ah adalah Bank yang menjalankan kegiatan usahanya berdasarkan prinsip syariah dan menurut jenisnya terdiri atas Bank Umum Syariah dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS). Sedangkan Perbankan syariah adalah segala sesuatu yang menyangkut tentang Bank Syariah dan Unit Usaha Syariah, mencangkup kelembagaan, kegiatan usaha, serta cara dan proses dalam melaksanakan kegiatan usahanya. Kondisi Literasi Keuangan di Indonesia Berdasarkan hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yang dilakukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2019 kemarin, tingkat literasi keuangan dan inklusi keuangan 2019 masing-masing mencapai 38,03% dan 76,19%. Angka  ini cukup menggembirakan loh, Sobat karena Indonesia telah berhasil melampaui target yang ditetapkan oleh Pemerintah dalam Peraturan Presiden No. 82 tahun 2016 tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI) sebesar 75% untuk tingkat inklusi keuangan, sementara target tingkat literasi keuangan yang ditetapkan dalam Peraturan Presiden No. 50 tahun 2017 tentang Strategi Nasional Perlindungan Konsumen sebesar 35% juga telah terlampaui. Angka ini menunjukkan peningkatan cukup signifikan dari survei sebelumnya di tahun 2016 dimana terdapat peningkatan pemahaman keuangan (awareness) masyarakat sebesar 8,33% serta peningkatan akses terhadap produk dan layanan jasa keuangan sebesar 8,39%. Faktor Penyebab Minimnya Literasi Perbankan Syariah
  1. Faktor internal, yaitu kurangnya sosialisasi dari pihak perbankan menjadi faktor penting dalam perkembangan perbankan syariah. Sosialisasi yang sering diadakan kebanyakan dihadiri oleh orang-orang yang sebenarnya sudah paham akan perbankan syariah dan juga lokasi diadakannya di gedung-gedung mewah tentunya menjadi problematika dalam perkembangan perbankan syariah ke orang-orang menengah ke bawah. Problematika ini seharusnya dilihat juga oleh para penceramah maupun tokoh-tokoh islam untuk membantu menyebarkan pentingnya perbankan syariah di kalangan masyarakat.
  2. Faktor eksternal, yaitu rendahnya kemauan masyarakat dalam mempelajari keuangan islam,khususnya perbankan syariah. Di dunia yang sudah serba digital ini tentunya kita sudah sangat mudah sekali dalam mengakses apapun di internet.permasalahan yang selanjutnya adalah seberapa persen masyarakat yang mau untuk membuka atau mempelajari keuangan islam,khususnya perbankan syariah.Anggapan akan perbankan syariah sama saja dengan perbankan konvensional menjadikan masyarakat khususnya generasi Z meremehkan bahkan tutup mata untuk  mempelajari perbankan syariah.
Strategi Meningkatkan Literasi Perbankan Syariah
  1. Edukasi Publik: Menyelenggarakan program edukasi publik tentang prinsip-prinsip dasar perbankan syariah, termasuk konsep riba, profit-sharing, dan prinsip-prinsip keuangan Islam lainnya.
  2. Kemitraan dengan Lembaga Pendidikan: Berkolaborasi dengan lembaga pendidikan untuk memasukkan materi perbankan syariah ke dalam kurikulum sekolah dan universitas.
  3. Program Pelatihan: Menyelenggarakan program pelatihan untuk staf bank, guru, dan masyarakat umum tentang produk dan layanan perbankan syariah.
  4. Kampanye Media Sosial: Menggunakan media sosial dan kampanye digital untuk meningkatkan kesadaran tentang perbankan syariah dan keuntungannya.
  5. Pameran dan Seminar: Mengadakan pameran dan seminar untuk memperkenalkan produk dan layanan perbankan syariah kepada masyarakat serta membahas manfaatnya.
  6. Buku dan Materi Sumber: Mengembangkan dan mendistribusikan buku, pamflet, dan materi sumber lainnya yang menjelaskan konsep perbankan syariah secara sederhana dan mudah dipahami.
  7. Konsultasi Individu: Menyediakan layanan konsultasi individu kepada masyarakat yang ingin memahami lebih lanjut tentang produk dan layanan perbankan syariah.
  8. Kemitraan dengan Komunitas Agama: Berkolaborasi dengan pemimpin agama dan komunitas keagamaan untuk menyebarkan informasi tentang perbankan syariah di antara jemaah dan anggota komunitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *