Penulis: Anggun Kurnia Sustikarini, Editor: Heri Purnomo

Bulan Ramadhan adalah bulan ke-sembilan dalam kalender islam dan merupakan bulan suci yang disebut sebagai bulan penuh berkah. Setiap tahun, umat islam di seluruh dunia menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadhan sebagai salah satu dari lima rukun islam. Selama bulan Ramadhan, umat islam dianjurkan untuk menigkatkan ibadah, membaca Al-Quran, berdoa, dam melakukan amal kebaikan. Bulan ini juga merupakan waktu untuk memperingatkan kesabaran, ketahanan, dan rasa kemanusiaan terhadap sesama.

Bulan Ramadhan memiliki beberapa keutamaan penting diantaranya adalah; Bulan diturunkannya Al-Quran. Allah berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 185, yang artinya “Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan.”Waktu Dibelenggunya Setan, Ditutupnya Pintu Neraka, dan Dibukanya Pintu Surga: Dari hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda bahwa pada bulan Ramadhan ini, pintu surga akan dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan pun dibelenggu. Terdapat Malam Lailatul Qadar: Pada bulan Ramadhan terdapat satu malam yang selalu dinantikan kehadirannya oleh seluruh umat muslim karena keistimewaan. Hal tersebut diriwayatkan dalam hadit.Bulan yang Diwajibkan Puasa: Umat Islam dianjurkan untuk melaksanakan ibadah puasa Ramadhan serta melakukan berbagai ibadah lainnya. Bulan ketika Pintu Surga Dibuka dan Pintu Neraka Ditutup: Pada bulan Ramadhan, pintu surga akan terbuka sedangkan pintu neraka tertutup.

Dengan adanya keutamaan tersebut umat islam diharapkan untuk memiliki rasa empati yang lebih tinggi, seperti. Menahan diri dari hal hal yang menimbulkan dosa, Melakukan amalan ibadah, Melakukan sedekah, Melatih kesabaran, Membentuk kepedulian dan kebiasaan berbagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *