Penulis: Aura Nadisha Zeliana, Editor: Heri Purnomo

Bulan Ramadan tak hanya mengenai kewajiban berpuasa saja loh, ternyata masih banyak hal-hal lain yang menarik untuk kamu ketahui tentang bulan Ramadan ini. Berikut faktanya :

  1. Nama “Ramadan” dari kata “ar-Ramad,” yang artinya panas terik. Hal ini dikaitkan dengan bulan Ramadan yang jatuhpada musim panas di Arab Saudi saat awal mula Islam.
  2. Perlombaan baca Qira’ah dan MTQ ramai digelar. Bulan Ramadan jadi ajang mengasah kemampuan baca Al-Quran dan menambah pemahaman terhadap Islam.
  3. Tahukah kamu ada “Puasa Sunnah” di bulan Ramadan? Selain puasa wajib, dianjurkan puasa pada 3 hari pertengahan (Ayyamul Bidh), Senin-Kamis, dan Puasa Syawal selama 6 hari setelah Idul Fitri.
  4. Indonesia punya tradisi unik ngabuburit! Istilah “ngabuburit” berasal dari bahasa Sunda, artinya “mencari udara saat senja.” Biasanya diisi dengan jalan-jalan, main game, atau ngabuburit sambil ngabringin (menunggu adzan maghrib).
  5. Suara bedug masjid jadi alarm khas Ramadan. Bunyi bedug yang ditabuh saat sahur dan maghrib menambah syahdu suasana Ramadan di Indonesia.
  6. Tradisi berbagi takjil dan buka puasa bersama. Ramadan menjadi momen mempererat silaturahmi dan kedermawanan dengan berbagi kebahagiaan pada sesama.
  7. Puncaknya adalah Malam Lailatul Qadar. Malam seribu bulan! Umat muslim berlomba-lomba memperbanyak ibadah di malam penuh berkah ini.
  8. Idul Fitri dinanti seluruh umat muslim. Kebahagiaan Idul Fitri dirayakan dengan berbagai tradisi, mulai dari shalat Ied, sungkeman, hingga makan ketupat dan rendang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *