Penulis: Mubedi, Editor: Heri Purnomo

Bulan Ramadhan ialah bulan yang sangat Mulia, dimana setiap orang muslim akanĀ  berlomba-lomba untuk melakukan ibadah kebaikan (Fastabiqul Khoirot), salah satunya yaitu yang rutin dilaksanakan pada saat bulan Ramadhan adalah Shalat Tarawih.

Ada beberapa yang melakukan shalat tarawih sebanyak 8 roka’at dan dan ada juga yang 20 hingga 23 roka’at bersama dengan shalat Witir mereka mempunyai pegangan dasar masing-masing, dengan banyaknya roka’at pada shalat tarawih pastinya harus memiliki tenaga yang ekstra.

Selain shalat tarawih yang melakukan mendapatkan pahala disisi lain ada sisi kesehatan yang diperoleh oleh orang yang melaksanakannya, diantaranya

 

1.Melatih Persendian

Tarawih yaitu shalat yang memiliki jumlah rakaat banyak dalam pelaksanaannya, yang semua tentunya pasti melibatkan pergerakan sendi-sendi. Selama bulan Ramadan, kamu akan ‘dipaksa’ untuk melatih sendi-sendi secara rutin dan teratur yang tentunya hal ini dapat membuat sendi-sendi menjadi lebih sehat.

2.Meningkatkan kebugaran tubuh

Shalat tarawih, dengan gerakan rukuk, sujud, dan berdiri, adalah aktivitas fisik yang baik untuk meningkatkan kebugaran tubuh.Aktivitas ini setara dengan melakukan olahraga ringan, seperti joging atau berjalan kaki. Selain membantu membakar kalori, salat tarawih juga dapat meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan otot serta meningkatkan peredaran darah.

3.Meningkatkan Kesehatan Mental

Shalat Tarawih bisa dijadikan Olahraga, dan olahraga bisa meningkatkan perilaku, suasana hati dan pikiran. Olahraga meingkatkan kualitas hidup, memicu meningkatnya energi, mengurangi kecemasan, depresi dan membuat dampak positif pada suasana hati.Hal ini juga meningkatkan memori, terutama orang dewasa dengan pengulangan ayat-ayat dari Al-Quran yang menyaring pikiran yang masuk.

Shalat tarawih tidak hanya menjadi sumber latihan fisik, membakar kalori setelah berbuka puasa. Tapi, juga merupakan sumber relaksasi setelah melakukan puasa seharian di bulan Ramadan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *