Penulis: Zalfa marshelly rayhannabila , Editor: Icha Nurrohmah



Pandemi Covid-19 adalah peristiwa menyebarnya penyakit koronavirus. Di seluruh dunia untuk semua negara. Penyakit ini disebabkan oleh virus korona jenis baru yang diberi nama SARS-CoV-2 Wabah Covid-19 pertama kali dideteksi di Kota Wuhan, Hubei, Tiongkok pada tanggal 31 Desember 2019, dan ditetapkan sebagai pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tanggal 11 Maret 2020. Hingga 14 November 2020, lebih dari 53.281.350 orang (kasus) telah dilaporkan lebih dari 219 negara dan wilayah seluruh dunia, mengakibatkan lebih dari 1.301.021 orang meninggal dunia dan lebih dari 34.394.214 orang sembuh.


Koronavirus masuk Indonesia pada tanggal 2 Maret 2020,pada saat itu masa pemerintahan jokowi menginformasikan bahwa virus korona sudah mulai memasuki negara Indonesia, dan dampak yang di alami yaitu banyak penduduk yang terpapar virus ini hingga ada pun penduduk yang wafat karna virus berbahaya ini, dan pemerintahan Indonesia memberitahukan bahwa bertambahnya hari virus ini sudah memakan banyak korban dari balita hingga orang lanjut usia maka dari itu pemerintah membuat peraturan bahwa akan di adakan isolasi atau pengurangan diri agar virus ini tidak cepat menyebar luas, maka dari itu banyak usaha usaha atau ladang rizki penduduk Indonesia terkena imbasnya, dikarnakan isolasi itu banyak usaha yang tutup dikarnakan takut adanya virus yang berbahaya ini dan banyak juga usaha yang bangkrut karna tdk ada pemasukan dan tidak ada pengeluaran untuk modal usahanya, dan banyak pula karyawan karyawan yang di phk dari pekerjaanya atau di pulangkan secara bersamaan.


Pandemi Covid-19 memiliki dampak yang sangat signifikan terhadap perekonomian Indonesia, mulai dari perubahan rantai pasok dunia hingga penurunan investasi asing ke Indonesia. Penurunan tersebut dapat dilihat melalui perlambatan pertumbuhan ekonomi yang turun dari 5,02 Persen di tahun 2019 menjadi 2,97 Persen pada tahun 2020. Perlambatan pertumbuhan ekonomi tersebut juga diikuti dengan peningkatan jumlah pengangguran, yang menurut data Bank Dunia, meningkat dari 5,28 Persen pada tahun 2019 menjadi 7,07 Persen pada tahun 2020.


Cepatnya penyebaran virus Covid-19 di tengah masyarakat dunia ternyata telah mengubah tatanan hidup dan hubungan antar manusia. Masyarakat diminta untuk selalu menggunakan masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Hal tersebut secara langsung membatasi aktivitas-aktivitas ekonomi di tengah masyarakat, misalnya terganggunya proses produksi barang, distribusi produk, hingga proses pemasaran barang dan jasa di seluruh dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *