Penulis: Amelia Nilal Hasna, Editor: Siti Sihatussalamah

Pasar takjil atau bazar Ramadhan adalah hal yang sudah biasa di temui pada saat bulan Ramadhan. Berbagai makanan, minuman bahkan kue khas lebaran dijadikan pemuas minat pengunjung. Deratan tenda menjadi penarikan perhatian Masyarakat indoneia. bazar Ramadhan ini menyediakan beberapa fasilitas menarik. Dengan lahan parkir yang luas dan diatur rapi, bazar Ramadhan siap menerima banyak pengunjung. Selain itu, ada juga lantunan musik yang bisa menghibur para petandang. Oki menjelaskan biasanya ada live music atau lantunan alat musik di sebelah jajaran stand sebagai hiburan. Lanjutnya, Pelaksanaan bazar ramadhan atau pasar takjil yang baru pertama kali diadakan ini memulai peluang baru bagi kemajuan pembangunan desa di bidang ekonomi. Tidak hanya itu, bukan hanya takjil dan sajian menu berbuka puasa yang menjadi sorotan. Ada pula arena permainan anak, seperti tempat melukis, komedi putar, bahkan arena panahan. Meski tidak langsung disediakan oleh penyelenggara, fasilitas seperti juga turut menjadi perhatian. “Semoga bazar Ramadhan ini bisa membantu menaikkan ekonomi masyarakat dan bisa berlangsung di tahun-tahun berikutnya,”

pemberdayaan UMKM memang sedang gencar dilakukan. Desa berupaya untuk membantu memulihkan ekonomi masyarakat. Salah satu bukti nyatanya melalui pengadaan bazar berkah Ramadhan di NK Cafe. Pasar takjil berkah Ramadhan diadakan di NK Cafe dengan menggunakan lahan milik desa.  “Banyak jenis UMKM yang ada di Desa Ampeldento, kebanyakan di bidang kuliner dan kerajinan tangan, jadi kami beri fasilitas bazar ini,” salah satu sektor yang membantu pembangunan ekonomi di Indonesia. Menjadi sektor yang dominan, dimana mayoritas masyarakat Indonesia lebih banyak berada di Desa. Efek dan dampak yang diberikan oleh UMKM terhadap kesejahteraan masyarakat lebih banyak dibandingkan dengan industri besar. “Jika ditelisik lebih dalam lagi, bahwa masyarakat desa banyak bergerak di sektor UMKM dan penghidupan mereka berasal dari UMKM,” Selanjutnya, ketika sebuah desa menyadari bahwa mereka memiliki potensi unggulan maka itu bisa menjadi peluang untuk pembangunan desa.

Dengan itu maka setiap desa akhirnya akan berlomba- lomba untuk mencari dan memiliki satu produk atau potensi unggulan yang bisa dikembangkan. Pengembangan suatu potensi ini akan memberikan dampak yang besar kepada UMKM dan produk lainnya.  “Sehingga desa disini perlu controlling dan diberikan perhatian karena ada ruang – ruang yang bisa diberdayakan di level desa tersebut,” pada bulan Ramadhan waktu makan hanya dua kali yakni waktu waktu sahur dan berbuka puasa, sehingga tingkat konsumsi masyarakat lebih banyak dan meningkat berkali lipat dari biasanya. Hal ini bisa menjadi peluang bagi pelaku usaha. Potensi bagi desa yang dekat dengan perkotaan akan mendapatkan efek yang lebih cepat dari desa yang jauh dari perkotaan. Peluang dan momentum itu dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan pembangunan ekonomi desa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *